Pengertian dan Langkah-Langkah Sistem Pembelajaran Plan

1. Pengertian Sistem Pembelajaran Plan

PLAN adalah singkatan dari Program for Learning in Accordance with Needs, yaitu semacam program belajar sesuai dengan kebutuhan. Dikembangkan sejak tahun 1966, di Amerika Serikat oleh The American Institute for Research (Lembaga Penelitian), bekerja sama dengan The Westing House Learning Corporation. Namun pada akhirnya sejak tahun 1972 dilaksanakan pengembangannya secara penuh oleh The Westing House Learning Corporation. Percobaan ini dilakukan dalam mata pelajaran Bahasa, Matematika, IPA, dan IPS.

Semua materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah percobaan oleh badan tersebut. Materi pembelajaran disiapkan untuk kelas 1 sampai dengan kelas 12 (sekolah menggunakan sistem komprehensif, tidak mengenal perjenjangan seperti SD, SMP, dan SMA, juga tidak mengenal penjurusan seperti di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia).

Kurikulum setiap mata pelajaran dari sejumlah TLU (Teaching Learning Unit), yaitu Unit Mengajar Belajar atau disingkat UMB. Kurikulum terdiri dari dua belas kelompok UMB. Setiap satu UMB terdiri dari tujuan pembelajaran beserta deskripsi materi dan metode pembelajaran yang digunakan siswa untuk mencapai tujuan itu. Program, studi yang bersifat individual terdiri dari sejumlah UMB yang dipilih berdasarkan minat, kebutuhan, dan kemampuan siswa yang mengambil program ini. Penempatan pada suatu program, dilakukan dengan bantuan UMB orientasi dan tes. Mastery yang dapat dicapai siswa pada suatu UMB didemonstrasikan dengan melalui keberhasilannya mengajarkan tes atau proyek (tugas tertulis dan semacamnya). Dalam hal ini siswa diberi kebebasan merencanakan program studi. Tugas-tugas belajar dilakukan dengan cara individual dan cara kelompok, menggunakan berbagai ragam materi pembelajaran. Untuk memonitor kemajuan siswa dan untuk mengelola penyimpanan catatan (dapat) digunakan alat komputer.

Siswa belajar dengan sistem PLAN berdasarkan kepada kecepatan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Program, yang dipelajari telah dirancang secara khusus.

Pengertian dan Langkah-Langkah Sistem Pembelajaran Plan

2. Langkah-Langkah Melaksanakan Sistem Pembelajaran Plan

Langkah-langkah pokok dalam menggunakan atau melaksanakan sistem pembelajaran PLAN adalah sebagai berikut:

a. Pada awal tahun ajaran setiap siswa menyelesaikan serangkaian UMB yang bersifat orientasi belajar dengan sistem ini. Dengan demikian siswa dapat mengenal materi maupun prosedur belajarnya.

b. Jika orientasi telah selesai dilaksanakan, siswa memasuki berbagai kegiatan mempelajari UMB orientasi mata pelajaran yang harus dipelajarinya. UMB demikian berfungsi sebagai penempatan (placement). Dengan UMB ini siswa menentukan mata pelajaran apa akan dipelajari sesuai dengan keterampilan, minat, dan kemampuannya. Semua UMB dirancang khusus untuk membantu menempatkan siswa selagi mempersiapkan kesempatannya untuk berpartisipasi secara aktif pada program yang dipilih. Siswa diberi kebebasan untuk memutuskan apa-apa yang harus dipelajari dan bagaimana cara mempelajarinya.

c. Dalam proses penempatan dilakukan tes hasil belajar atau tes penempatan. Tes ini berfungsi untuk mengukur pengetahuan siswa sesuai dengan tujuan. Selanjutnya dijadikan dasar bagi siswa untuk memilih mata pelajaran yang akan dipelajari.

d. Jika suatu program studi telah disetujui, siswa mempelajari UMB yang bersangkutan sesuai dengan kecepatannya. Program studi melibatkan berbagai materi pembelajaran dan manusia sumber. Belajar dilakukan mempergunakan materi yang sudah diperolehnya, dengan menggunakan alat audio visual aids (alat bant pandang dengar) masing-masing sehingga dapat belajar secara bebas.

e. Begitu siswa dapat menyelesaikan tiap UMB dapat diketahui tingkat kemampuannya secara tuntas terhadap tujuan melalui skor tes yang ada pada komputer, atau melalui penilaian guru.

Sumber: Buku Metode Pembelajaran, karya Dra. Sumiati dan Asra, M.Ed. hal. 119-120.

4 Komentar untuk "Pengertian dan Langkah-Langkah Sistem Pembelajaran Plan"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel