Cara Mendapatkan PIN Google Adsense

Ini adalah pengalaman pribadi saya beberapa waktu yang lalu. Menunggu surat kiriman PIN dari Google memang membutuhkan kesabaran, tapi bikin was-was juga. Berharap cemas, apakah surat itu akan sampai ke tujuan atau tenggelam di antah berantah?

Seminggu berlalu, tetapi surat juga belum datang. Dua, tiga minggu, bahkan sampai sebulan pun belum sampai juga ke rumah saya. Bahkan kadang kala saya harus menunggu di depan rumah, mungkin saja pak pos akan tiba dan memberikan surat kiriman dari google. Tapi, selalu saja hasilnya seperti yang diduga. Surat itu belum datang juga. Padahal alamat yang saya tulis sesuai dengan alamat di KTP dan tempat tinggal saya.

Tanpa pikir panjang, saya segera membuka halaman google adsense dan di sana masih tercantum 'Masukkan PIN Anda', tapi karena sudah sebulan nomor PIN belum di masukkan, saya disuruh untuk meminta ulang kirim PIN ke alamat yang dituju dan langsunglah saya mengajukan ulang pengiriman PIN. Dan kali ini berharap PIN segera tiba ke rumah.

Satu, dua, tiga minggu, dan sebulan sudah berlalu dari pengajuan pengiriman yang kedua, tetapi surat itu juga belum datang. Saya makin was-was, khawatir jika tidak segera memasukkan kode PIN, atribut saya sebagai publisher akan segera dicabut. So, saya pun segera mengajukan ulang pengiriman yang ketiga. Namun, kali ini bukan melalui alamat, tetapi menuju pusat bantuan Google Adsense.

Berikut pengajuannya melalui dokumen pribadi (KTP):

Buka halaman ini:
http://www.google.com/adsense/support/as/bin/request.py?hl=en&contact_type=frontend_pin&rd=1

Dan gambarnya seperti ini:
Cara Mendapatkan PIN Google Adsense
Dan tanpa menunggu sampai berminggu-minggu dan berbulan-bulan, lebih tepatnya hanya kurang dari satu jam saya malah dapat kiriman email dari pihak Google, yang isinya kurang lebih begini:

Hello,

Thank you for sending your proof of identity.

I'm happy to let you know that this fulfills the address verification requirement for AdSense. You no longer need to enter a PIN.

Sincerely,

The Google AdSense Team

So, saya berasumsi jika pembayaran saya tidak lagi ditangguhkan dan mulailah saya merasa tenang dan kembali berjuang untuk menanam pundi-pundi rezeki dari situ. Hmmm..., cukup bikin pusing ya verifikasi alamat untuk Google Adsense, but ada hikmahnya juga ternyata bisa melatih kesabaran saya ^^.

Semoga bermanfaat....

81 Komentar untuk "Cara Mendapatkan PIN Google Adsense"

  1. sama-sama sob.

    semoga bermanfaat ya... ;)

    BalasHapus
  2. wah infonya bermanfaat nih gan tks

    BalasHapus
  3. thanks ya gan share nya, ane lagi nunggu pin ne, lom datang datang ja, heee
    moga ja cepet datang,
    semoga sukses gan
    http://dasarbahasainggris.blogspot.com/search/label/tips%20and%20tricks.

    BalasHapus
  4. saya disuruh kirim lampiran , maksudnya apa ya gan ,tolong penjelasannya ? Terima kasih

    BalasHapus
  5. KIRIM lampira maksudnya apa ya ,, tolog penjelsannya :)

    BalasHapus
  6. @Munawir alFikry: kirim lampiran, maksudnya scan KTP sobat... insya Allah dalam beberapa jam (bahkan tidak sampai jam) akan ada pemberitahuan dari pihak google.

    maaf telat balasnya. terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini. salam

    BalasHapus
  7. saya baru mengajukan pin sob, thanks

    BalasHapus
  8. bos, apakah di akun adsense kita harus edit sendiri dengan memilih penangguhan pembayaran, lalu melakukan verivikasi, atau dengan sendirinya penangguhan muncul. terima kasih.

    BalasHapus
  9. @Akang Budi: Semoga sukses dengan GA-ny y sob...

    @Ceriwis: menurut sy pribadi, itu otomatis dari google sob... tapi sy belum begitu tahu bnyak... apalgi sy baru kali pertama dapat pembayaran di bulan mei yg lalu...

    terima kasih sudah berkunjung n maaf jika sy telat membalasnya. salam dan semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  10. keren gan artikelnya,tp syang ane belumnya KTP gan hehehe :D, klo pke KTP org tua ane bisa kgak gan! :D

    BalasHapus
  11. Terima kasih gan...

    data yang diisi harus sesuai dengan KTP sob... kalo belum punya KTP, gunakan KTP ortu...

    moga membantu dan salam sukses untuk Anda...

    BalasHapus
  12. nice post mas...
    membantu sekali nih...

    BalasHapus
  13. makasih infonya mas,sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  14. Maaf mas mau tanya? misal kita udah dapet email dari google yang ini:

    "Hello,

    Thank you for sending your proof of identity.

    I'm happy to let you know that this fulfills the address verification requirement for AdSense. You no longer need to enter a PIN.

    Sincerely,

    The Google AdSense Team"

    Dan pembayaranya menggunakan Western Union cara pengambil dolar/uang nya bagaimana? plisss share ya gan butuh banget nih, soal nya GA saya masih di tahan.

    Pertanyaan yang kedua nih mas?
    Jika GA kita masih di tahan kemudian ingin mengubah alamat kita bisa gk yah? tapi alamat yang mau di ubah sama alamat scan lampiran sama :D type GA saya individu jadi bisa di udah :D terimakasih mas .... Need respond

    BalasHapus
  15. @Kampoeng:
    jawaban 1: agan datang ke tempat yang ada tulisan WU-nya, bisa di bank, kantor pos, atau yang lainnya. (sy biasanya di kantor pos). u/ pengambilan catat no. MTCN-ny, jumlah uang, dan KTP sobat tentunya(semua informasi yg ada di detail pembayaran akun GA sobat).

    jawaban 2: masih bisa sob, untuk alamat masih bisa dirubah, kecuali nama penerima.

    semoga membantu dan salam sukses untuk sobat.

    BalasHapus
  16. kasus ku sama sob dengan anda, saya coba tips nya ya. thanks b4

    BalasHapus
  17. sama2 kang Budi... semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  18. Gan saya sudah melakukan yang di atas kok malah gak di kirim PIN nya, balasan emailnya malah begini:

    Terima kasih atas email Anda. Anda dapat melihat tanggal pembuatan PIN terakhir dengan mengunjungi laman 'Riwayat Pembayaran' dan mengklik taut 'Harap masukkan PIN'. PIN akan dikirim melalui pos kilat dalam 3-5 hari sejak tanggal pembuatan.

    Sebagian besar penayang menerima PIN dalam 2-4 minggu sejak tanggal pengiriman, namun pada kasus luar biasa, pengiriman mungkin lebih lama, bergantung pada layanan pos setempat.

    Jika Anda belum menerima PIN, atau PIN hilang, Anda dapat meminta maksimal 2 PIN lagi dengan mengikuti petunjuk di https://www.google.com/adsense/support/bin/answer.py?answer=14838&hl=id. Sebelum meminta PIN pengganti, pastikan alamat pembayaran sudah benar. Jika Anda perlu membuat perubahan, klik taut 'Sunting' di bagian Informasi Penerima Pembayaran, dalam tab Akun Saya. Ingatlah bahwa Anda harus menunggu minimal 3 minggu setelah PIN terakhir dibuat sebelum meminta yang baru. Kami juga ingin meyakinkan Anda bahwa sebelum Anda memasukkan PIN, akun masih dapat diakses dan Anda dapat terus menampilkan iklan dan memperoleh penghasilan.

    Gimana tu gan, tolong bantuanya gan. terimakasih

    BalasHapus
  19. @Miko: saya belum tahu kenapa alasannya. tetapi mungkin saja agan sudah lakukan permintaan pin melalui cara di atas, tetapi dalam jangka waktu yang terlalu cepat.

    cara di atas dilakukan (menurut saya), jika agan sudah melakukan request pin sampai tiga kali request tapi pin belum juga datang ke alamat yang sudah agan tulis. maka cara yang diatas yang perlu agan lakukan.

    moga bisa dipahami dan membantu. sabar y gan. sukses selalu untuk agan....

    BalasHapus
  20. gan gwa d ikuti cara d atas dpt blsan kekgini

    Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menulis kepada kami tentang PIN. Kami telah memperpanjang tenggat waktu untuk menyerahkan PIN Anda dengan tambahan tiga bulan, sehingga Anda harus melihat iklan yang relevan muncul kembali setelah sekitar 48 jam. Anda sekarang memiliki sampai 2013/10/12 untuk mengirimkan PIN Anda. Setelah itu, iklan akan berhenti ditampilkan pada halaman Anda lagi.

    Jika Anda belum menerima PIN Anda, atau jika telah hilang, Anda dipersilakan untuk meminta maksimal tiga PIN mengikuti petunjuk di https://www.google.com/ adsense / support / sebagai / bin / jawaban. py? answer = 160106 . Namun, Anda harus menunggu 3 minggu setelah PIN terakhir dikirimkan sebelum meminta yang baru.

    Sebelum Anda meminta PIN pengganti, pastikan alamat pembayaran Anda sudah benar. Untuk meninjau dan mengedit alamat Anda, ikuti petunjuk ini: http://www.google.com/adsense/ mendukung / sebagai / bin / answer.py? answer = 159.685 .

    Kami menghargai kesabaran dan kerjasama dengan sistem verifikasi akun kami.

    Hormat kami,

    Tim Google AdSense

    mksdnya gimna nih gan mhn d bantu

    BalasHapus
  21. mungkin permasalhn agan seperti @Miko di atas. insya Allah jawaban di atas dpt membantu agan.

    BalasHapus
  22. Gan scan KTP nya depan belakang atau depan doang?

    BalasHapus
  23. @Dewita: ane pake depat belakang gan...

    moga membantu dan salam sukses untuk agan ^_^

    BalasHapus
  24. drpada lama2 nunggu pake cara ini aja dah, trims infonya gan.

    BalasHapus
  25. Gan, kemarin kan saya minta kirim PIN yang ketiga kalinya ni, terus saya mau coba cara di atas apa harus nunggu 4 minggu lagi gan,,, bisa gak kalau langsung pakai cara di atas? soalnya nunggu 4 minggu lagi lama banget,,,!!

    BalasHapus
  26. @Dewita: bisa gan... coba aja. insya Allah dimudahkan.

    semoga sukses dan terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana Zuwaily y.... ^_^

    BalasHapus
  27. infonya sangat berguna, mas ... saya juga sudah was-was euy :) thanks againnnnn

    BalasHapus
  28. Thanks Gan Infonya semoga yg ane bener2 di terima udah minta 2 kali pos engga dateng2 juga semoga dengan cara ini lancar :)

    BalasHapus
  29. Mas saya sudah mencapai level 10 dollar, apakah pin tersebut dikirim secara otomatis kerumah, tanpa harus reques PIN

    BalasHapus
  30. thanks buat infonya... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  31. gan saya mau tanya. alamat KTP saya tidak sesuai dengan alamat Rumah alias Saya udah pindah Rumah gan. ngmn ya mengatasinya agar di kirim ke alamat rumah saya yang sekarang. apakah tidak boleh ya memalui Imail atau no HP di krm no PINnya??

    BalasHapus
  32. makasih atas tips nya.... akhirnya ane dapatkan juga pin ads na...

    BalasHapus
  33. mantap tutorialnya gan... sukses buat agan..

    BalasHapus
  34. Thanks Gan, dari Kemarin nyoba baru ketemu disini semoga saya cepat dapat :D

    BalasHapus
  35. setelah itu apa di balas pin yang di maksud,apa harus di masukan lagi itu pin,saya baru di aprove tapi bingung

    BalasHapus
  36. mantap,ne yg lgi ane wait2 gan...
    hmmm..bantu menset blog ane dong gan, ane masih sangat pemula buanget nee...

    BalasHapus
  37. udah ku coba gan, sebulan yang lalu, atau bahkan lebih, tapi belum dapat kiriman juga, huft...

    BalasHapus
  38. @All: Maaf ya baru bisa balas... sibuk ngurus blog yg lain... :)

    u/ menggunakan cara di atas, jika pin tidak datang juga ke rumah sampai dua kali atau tiga kali pengajuan. Cara di atas adalah pengalaman saya, gak sampai beberapa jam, langsung dapat pemberitahuan melalui email saya.

    tapi, u/ saat ini saya belum tau apa cara tersebut masih bisa dilakukan... soalnya fitur" di adsense sudah mulai di rubah. Tapi, coba aja ya... insya Allah dimudahkan.

    Salam sukses untuk semuanya... ;)

    BalasHapus
  39. gan,,, selama proses menunggu PIN datang??? apa kita masih hasil dari klik kan iklan>>>???

    BalasHapus
  40. Berguna banget Gan infonya, terima kasih

    BalasHapus
  41. terima kasih infonya.. gan :)

    http://zwanalex.blogspot.com/

    BalasHapus
  42. @All: Terima kasih sudah berkunjung maaf jika ada pertanyaan yang belum dibalas soalnya jarang ngeblog dan mo mulai ngeblog lagi :)

    Tetap semangat ya... (y)

    BalasHapus
  43. Maaf Gan, klo scan itu caranya gimana,maksudnya difotocopi terus diuplod gitu apa gimana..?,,maaf soalnyA orang desa gax ngerti scan,,he,trimakasih jawabanyA.

    BalasHapus
  44. Saya juga pernah mengalami hal seperti ini dulu :)

    BalasHapus
  45. Intinya cara diatas hanya berlaku apabila sudah 2x Reques Pin tp belom sampe ya gan?
    Jadi dengan menerima email seperti di atas, dollarnya udah bisa langsung dicairkan Gan?

    BalasHapus
  46. wah iya nih udah di aprrove cuma pin masih belum kepikiran ckck

    BalasHapus
  47. Saya juga pernah mengalami hal seperti ini dulu :)

    BalasHapus
  48. makasih gan infonya :)
    www.isrul.net

    BalasHapus
  49. terimakasih gan, saya coba dulu, saya sudah bolakbalik dengan kirim renewpin.

    BalasHapus
  50. saya juga seperti itiu gan, sekarang saya sdang nunggu surat dari google hehe kira2 ada surat datang gak ya? jadi ikutan was2 :D

    BalasHapus
  51. makasih gan infonya, baru dapet pemberitahuan dari GA bahwa pin sudah , mudah2an pin ane cepet sampe.. hehe :D

    BalasHapus
  52. mantab infonya gan,,, semoga pin saya sampai juga nich

    BalasHapus
  53. adsense memang handal banget gan,,, makasih sudah share ya

    BalasHapus
  54. wah jadi sedih nich, mantap dach GA

    BalasHapus
  55. Penghasilan saya sudah 10$ lebih, tapi belum ada pemberitahuan tentang PIN. Mohon peneceraanya?

    BalasHapus
  56. Gan, mau nanya nih,..kalo surat itu kita nitip pake alamat Kantor Pos terdekat gpp ya gan?
    soalnya g semua alamat itu detail lho, kadang nomor rumah g isi, nama jalan g isi sama no jalanya..

    BalasHapus
  57. saya mencoba mendaftar adsense udah di approve kemudian saya coba saya masukkan kode adsense tapi kenapa ya tidak muncul dilaman ? untuk mendapatkan pin itu memang pada saat ingin mencairkan uang minimal 10 dollar kan.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. terima kasih mas informasinya.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Mantaap sekali artikelnya. terima kasih sudah memberikan pencerahan

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  63. Bagus banget informasinya dan sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    terima kasih admin.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Saya lagi was was nih gan soalnya saya belum menerima pin dari google adsnya , saya sudah request 2 kali tapi belum juga datang pinnya

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel