Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli

Menurut Gorys Keraf (1997: 3-6) fungsi bahasa bagi setiap orang ada empat, tapi menurut Lamuddin (2003: 2) fungsi bahasa itu ada lima yang selama ini kurang disadari oleh sebagian anggota masyarakat, yaitu:

1. Sebagai alat atau media komunikasi
Ini merupakan fungsi esensial dari bahasa. Dalam kehidupan sehari-hari, orang lebih sering memakai bahasa untuk berkomunikasi dengan teman bicaranya. Dengan menggunakan bahasa alat komunikasi, orang dapat saling tukar ide atau informasi. Namun, agar ide atau informasi dapat dipahami ada indikator kemampuan berbahasa Indonesia yang perlu dimiliki, yaitu:
> Kemampuan organisasional yang terdiri dari:
a. Kemampuan gramatikal (kosakata, dialek/ragam, morfologi, sintaksis, fonologi).
b. Kemampuan tekstual (retorika dan kohesi).
> Kemampuan pragmatik yang terdiri dari:
a. Kemampuan ilokusionari (fungsi ideasional, fungsi manipulatif, fungsi heuristik, fungsi imajinatif).
b. Kemampuan sosiolinguistik (kepekaan pada ragam, kepekaan pada kewajaran dan kiasan).

2. Sebagai alat untuk ekpresi diri
Fungsi ini merupakan fungsi paling dasar dari bahasa. Hal ini disebabkan manusia sewaktu kecil mempergunakan bahasa untuk mengekspresikan diri. Sebagai contoh, bayi akan mengekspresikan kehendaknya dengan menangis, demikian pula jika lapar atau haus. Pada saat menggunakan bahasa sebagai alat ekspresi diri, manusia menggunakan bahasa hanya untuk kepentingannya sendiri.

3. Sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial
Suku-suku yang berbeda dapat menjalin persatuan melalui bahasa dan inilah yang merupakan integrasi dari bahasa. Selain itu, bahasa sekaligus berfungsi sebagai alat adaptasi diri. Misalnya, pada saat seseorang beradaptasi dengan lingkungan sosial tertentu, dia akan memilih bahasa yang akan digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.
Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli
Ilustrasi (gambar) bersumber dari Google

4. Sebagai alat kontrol sosial
Kontrol sosial adalah usaha untuk mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain. Bahasa yang dipergunakan dengan sepatutnya dan wibawa dapat mempengaruhi bahkan mengendalikan kelompok sosial tertentu.

5. Sebagai alat untuk berpikir
Dalam proses berpikir, bahasa selalu hadir bersama logika untuk merumuskan konsep. Semua kegiatan yang berlangsung melalui proses berpikir pasti disertai alatnya yang tidak lain adalah bahasa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan berbahasa seseorang maka semakin tinggi pula kemampuan berpikirnya.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel