Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut:

1. Nilai Dasar Pancasila yang Abadi

Nilai dasar yaitu hakikat kelima sila Pancasila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai dasar tersebut merupakan esensi dari sila-sila Pancasila yang sifatnya universal sehingga dalam nilai tersebut terkandung cita-cita, tujuan serta nilai-nilai yang baik dan benar.

2. Nilai Instrumental yang Berkembang Dinamis

Betapapun pentingnya nilai-nilai dasar tersebut, namun sifatnya belum proporsional, artinya kita belum dapat menjabarkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk pada adanya Undang-Undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 memerlukan penjabaran lebih lanjut sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran lebih lanjut ini kita namakan nilai instrumental.

Nilai instrumental harus tetap mengacu kepada nilai-nilai dasar yang dijabarkannya. Penjabaran itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk-bentuk baru untuk mewujudkan semangat yang sama, dalam batas-batas yang dimungkinkan oleh nilai dasar itu. Penjabaran itu jelas tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dasar yang dijabarkannya. Dokumen konstitusional yang disediakan untuk penjabaran secara kreatif dari nilai-nilai dasar itu adalah ketetapan MPR, peraturan perundang-undangan, dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya.

Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

3. Nilai Praksis

Nilai praksis merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam bentuk pengalaman yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari, dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam pengamalan nilai praksis inilah akan tampak apakah penjabaran serta eksplisitasi nilai-nilai dasar ideologi Pancasila itu sesuai atau tidak dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika masyarakat.

*) Kutipan langsung dari Bahan Ajar Pendidikan Pancasila h. 9-10, karya Dr. Sri Rahayu Pudjiastuti, M.Pd dan Drs. Pakijo

30 Komentar untuk "Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka"

  1. trimss.. izin copy paste ya..!

    BalasHapus
  2. terima kasih atas ilmunya ini bro
    izin saya mengkutip ilmu ini yah bro..
    untuk tugas makalah gue..:)

    BalasHapus
  3. bermanfaat sekali kak buat aku ujian besok makasih ya kak :)

    BalasHapus
  4. Bantu banget kalau lagi belajar

    BalasHapus
  5. ahhhahshskgsogsovskvsobskz kzvspvznz mz jz kz kz jz k kz kz zkvvjvzkzvkz

    BalasHapus
  6. Makasih broo sangat membantu

    BalasHapus
  7. Sama-sama gan... Semoga bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel