jasa pembuatan website

Cara Cepat Menghitung Perkalian

,
Hmmm..., tadi (Minggu, 06 Desember 2013) hari pertama untuk kuliah di Paket 2 - kebetulan tempat saya kuliah menggunakan sistem paket, bukan semester- ketika mata kuliah terakhir yaitu Kalkulus Diferensial, jam 16.30 sampai mendekati maghrib, ternyata Pak Dosen yang super kalem itu gak langsung ngajarin anak-anak didiknya ke materi inti. Tapi, kami disuguhi beberapa trik yang kadang kala kami -yang sudah mahasiswa ini- gak bisa menggunakannya alias baru tahu ding....

Triknya itu ya menghitung cepat perkalian. Tapi mungkin sebagian sudah pada tahu, tapi daripada pusing langsung ke materi Kalkulus Diferensial n lagipula sebagai salam perkenalan dari Pak dosen, ya sudah... akhirnya kami diajarkan cara cepat menghitung perkalian. Itung-itung bisa dipraktekin ketika kami sudah jadi guru betulan n gak pake cara manual lagi... ^^

Cekidot!!!

Perkalian dengan angka 11

Contoh:
1). 23 x 11 =...
Penyelesaian:
Langkah pertama: 
tulis angka 3 sebagai hasil dan letakkan di akhir.
Langkah kedua:
tulis angka 2 sebagai hasil dan letakkan di awal.
Langkah ketiga:
jumlahkan kedua angka pada bilangan pertama = 2 + 3 = 5
Jadi, 23 x 11 = 253

2). 436 x 11 =...
Penyelesaian:
Langkah pertama:
tulis angka 6 sebagai hasil dan letakkan di akhir.
Langkah kedua:
tulis angka 4 sebagai hasil dan letakkan di awal.
Langkah ketiga:
pada bilangan pertama jumlahkan masing-masing kedua angka dengan angka tengah = 4 + 3 = 7 dan 6 + 3 = 9
Jadi, 436 x 11 = 4796
Cara Cepat Menghitung Perkalian
Ilustrasi (Gambar) bersumber dari Google

Perkalian bilangan belasan

Contoh:
1). 13 x 14 =...
Penyelesaian:
Langkah pertama:
kalikan angka satuan dari kedua bilangan = 3 x 4 = 12, tulis 2 simpan 1
Langkah kedua:
tambahkan bilangan pertama dengan angka satuan bilangan kedua = 13 + 4 = 17
Langkah ketiga:
tambahkan hasil dilangkah kedua dengan simpanan = 17 + 1 = 18
Jadi, 13 x 14 = 182

2). 12 x 18 =...
Penyelesaian:
Langkah pertama:
kalikan angka satuan dari kedua bilangan = 2 x 8 = 16, tulis 6 simpan 1
Langkah kedua:
tambahkan bilangan pertama dengan angka satuan bilangan kedua = 12 + 8 = 20
Langkah ketiga:
tambahkan hasil dilangkah kedua dengan simpanan = 20 + 1 = 21
Jadi, 12 x 18 = 216

Nah, mungkin segitu aja ya sob... sebetulnya masih ada beberapa trik menghitung perkalian cepat yang lainnya, tapi insya Allah nanti akan Zu posting... ^^. Btw busway..., kira-kira mudeng gak ama penjelasan Zu??? Sory banget kalo penjelasannya rada ribet... tapi coba dipahami pelan-pelan ya... maklum coz Zu lagi belajar nulis biar bisa enak dibaca ama pembaca... :D

Oh iya..., daripada manyun... coba deh iseng-iseng dijawab:
1). 20 x 11 =...
2). 235 x 11 =...
3). 2345 x 11 =...
4). 17 x 19 =...
5). 18 x 19 =...

Sudah dulu ya... Salam Matematika... ;)

3 komentar to “Cara Cepat Menghitung Perkalian”

  • 9 Januari 2013 19.48
    Anonim says:

    wah mantab nie.. thanks prend....

  • 14 Agustus 2014 22.41
    Anonim says:

    trims

  • 23 Juli 2016 05.55

    Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

    ane mau titip ini ya min siapa tau ada yang tertarik untuk mengikuti kontes SEO gabung aja gratis
    KONTES SEO 2016

Poskan Komentar

 

Blog Pribadi Zuwaily Copyright © 2012-Akhir Hayat -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger