Pengertian Teori dan Belajar

Teori

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teori memiliki banyak arti, pertama, pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan yang didukung oleh data dan argumentasi, kedua, penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, dan argumentasi, ketiga, asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau pun pengetahuan, dan keempat, pendapat, cara, atau aturan untuk melakukan sesuatu.

Sementara dalam berbagai literatur seperti wikipedia, teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antara variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Kata teori pun berbeda-beda makna dalam berbagai bidang pengetahuan karena tergantung pada metodologi dan konteks diskusi. Jadi secara umum, teori merupakan analisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan fakta-fakta. Di sini pun jelas, jika teori berbeda dengan teorema, pernyataan teori hanya diterima secara sementara dan bukan pernyataan akhir yang konklusif (berkaitan dengan simpulan). Hal ini pun mengindikasikan bahwa teori berasal dari penarikan kesimpulan yang masih berpotensi memiliki kesalahan, dan berbeda dengan penarikan kesimpulan pada pembuktian matematika.

Masih dalam literatur wikipedia, sebuah teori memiliki beberapa elemen yang mengikutinya. Elemen-elemen tersebut berfungsi untuk menghubungkan variabel-variabel yang terdapat di dalam teori tersebut. Secara garis besar, elemen-elemen yang terkandung di dalam teori adalah, 1). Konsep, merupakan sebuah ide yang diekspresikan dengan simbol atau kata. 2). Scope, merupakan jangkauan dalam sebuah ide yang muncul akibat sebuah konsep, baik konsep yang bersifat abstrak dan konkret. 3). Relationship, sebuah relasi dari konsep-konsep atau merupakan cara bagaimana konsep-konsep tersebut berhubungan sehingga menghasilkan sebuah teori, di mana hubungan ini seperti pernyataan sebab-akibat atau proposisi.

Sedangkan teori menurut para ahli memiliki ragam arti meskipun isi dari teori tersebut adalah satu.

Jonathan H. Turner: Teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.

Kerlinger: Teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena.

Nazir: Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian.

King: Teori adalah sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamati dalam dunia nyata.

Calvin S. Hall dan Gardner Linzey: Teori adalah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang kenyataan yang belum diketahui secara pasti.

Selain pengertian-pengertian di atas, teori pun bisa dikatakan sebagai alat ilmu (tool of science), dengan memiliki peran tersendiri, yaitu: 1). Mendefinisikan orientasi utama dari ilmu dengan cara memberikan definisi terhadap jenis-jenis data yang akan dibuat. 2). Memberikan rencana konseptual. 3). Memberikan ringkasan terhadap fakta dalam bentuk generalisasi empiris dan sistem generalisasi, 4). Memberikan prediksi terhadap fakta.

Jadi, dari berbagai macam pengertian sebuah teori yang berkembang, setidaknya dapat ditarik kesimpulan sederhana jika teori adalah sebuah alat (proses) untuk menghadirkan konsep-konsep yang saling berhubungan dan menghasilkan sebuah prediksi yang sistematis serta bersifat sementara dari suatu peristiwa atau pun kejadian.
Pengertian Teori dan Belajar
Ilustrasi/Gambar bersumber dari Google

Belajar

Belajar merupakan kata kerja yang berasal kata dasar ajar. Sementara arti ajar dalam KBBI adalah petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut). Dan arti belajar sendiri - masih dalam konteks KBBI - adalah 1). Berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, 2). Berlatih, 3). Berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Sementara pengertian belajar dari para ahli sebagai berikut:

Nasution: Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

Ernest H. Hilgard: Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi suatu situasi dari pada sebelum itu.

Ahmadi A: Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia.

Whiterington: Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.

Snelbecker: Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks di mana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.

Noehi Nasution: Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.

Dari pengertian belajar yang dikemukakan oleh para ahli, belajar adalah sebuah proses perubahan tingkah laku yang didasari pengalaman.

Sementara dalam wikipedia, belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar juga merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru.

Jadi, kesimpulan sederhana yang dapat diambil mengenai pengertian belajar adalah sebuah proses usaha perubahan tingkah laku dalam diri manusia secara relatif permanen (tidak akan kembali kepada keadaan semula) yang didasarkan pada sebuah pengalaman atau akibat adanya reaksi terhadap stimulus.

Setelah kita mengetahui definisi dari teori dan belajar seperti yang telah disebutkan di atas maka kita pun dapat membuat sebuah kesimpulan sederhana untuk mendefinisikan arti dari teori belajar. Jadi, teori belajar adalah sebuah konsep yang didasarkan oleh fenomena dalam kehidupan untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku dalam diri manusia secara relatif permanen.

Oleh sebab itu, untuk merumuskan teori belajar setidaknya memiliki elemen-elemen yang ada pada teori itu sendiri, adanya manusia, proses, perubahan, waktu, dan tujuan dari pada teori belajar tersebut.

*) Tugas mata kuliah Teori Belajar. Kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

1 Komentar untuk "Pengertian Teori dan Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel